"AKU CINTA LOMBOK BARAT" LOMBOK BARAT MAJU, MANDIRI DAN BERMARTABAT MENUJU LOMBOK BARAT BANGKIT

Cilokaq

                                              
Awal Agustus lalu, tepatnya tanggal 7-9 Agustus 2009 bertempat di Taman Gora Udayana, salah satu produsen rokok terkenal mensponsori acara festival musik tradisional cilokaq sepulau Lombok. Cilokaq merupakan seni musik tradisional yang terdiri dari beberapa orang. Bermotifkan nada padang pasir, Cilokaq didominasi oleh suara alat musik gambus, mengiringi suara penyanyi yang mendendangkan lirik berbahasa sasak. Umumnya berisikan nasihat-nasihat, atau petuah yang berlatar belakang agama Islam.

Hadir juga dalam acara tersebut Walikota Mataram H.M.Ruslan. Dalam sambutannya beliau menekankan betapa pentingnya melestarikan budaya sasak semacam ini terutama di tengah arus modernisasi yang cenderung semakin melindas budaya tradisional.

Beberapa instrumen musik yang digunakan mirip atau sama dengan yang ada pada gendang beleq, seperti ; suling, gitar, gendang, petuk, dan lainnya kecuali gendang besar itu sendiri. Dalam perkembangannya musik tradisional ini amat dipengaruhi irama dangdut. Mungkin inipula sebabnya jenis musik ini masih diminati oleh banyak masyarakat asli lombok, bahkan sebagian anggota grup musik ini terdiri dari anak-anak muda.